Berita

Hizbullah Serang Israel, Balasan Atas Tewasnya 1 Keluarga di Lebanon

Asap mengepul menyusul apa yang dikatakan angkatan bersenjata Israel sebagai serangan udara terhadap sasaran Hizbullah di Lebanon, dalam tangkapan layar ini diperoleh dari video yang dirilis pada Senin (8/1/2024). Foto: Pasukan Pertahanan Israel/Handout via Reuters

Hizbullah melancarkan serangan balasan terhadap Israel Minggu (5/5). Serangan ini dilakukan merespons serangan Israel ke wilayah Lebanon dan menewaskan satu keluarga yang terdiri dari empat orang.

Dikutip dari AFP, Israel dan Hizbullah Lebanon, sekutu Hamas yang didukung Iran, telah saling baku tembak sejak serangan Hamas ke Israel pada 7 Oktober 2023.

Pertempuran Israel dengan Hizbullah meningkat dalam beberapa pekan terakhir. Hizbullah meningkatkan serangannya terhadap Israel utara, dan militer Israel menyerang lebih jauh ke wilayah Lebanon.

Kantor Berita Nasional (NNA) milik pemerintah Lebanon mengatakan serangan Israel di Mais al-Jabal menewaskan empat orang dari satu keluarga, dan melaporkan bahwa serangan itu dilakukan oleh pesawat Israel.

Pihaknya mengidentifikasi korban tewas sebagai seorang pria, seorang wanita dan anak-anak mereka yang berusia 12 dan 21 tahun, dan mengatakan dua orang lainnya terluka.

Sumber keamanan Lebanon, yang meminta tidak disebutkan namanya karena mereka tidak berwenang berbicara kepada media, membenarkan bahwa serangan tersebut menewaskan empat warga sipil.

Badan UNICEF di Lebanon mengatakan di media sosial bahwa “tragisnya, sebuah keluarga beranggotakan empat orang kehilangan nyawa dalam serangan udara.”

“Kami segera menyerukan gencatan senjata segera dan perlindungan terhadap anak-anak dan warga sipil. Kekerasan ini harus diakhiri sekarang,” katanya.

Serangan Balasan

Militer Israel mengkonfirmasi serangan pada Minggu pagi bahwa jet tempur mereka menyerang situs militer di daerah Mais al-Jabal di Lebanon.

Serangan itu kemudian dibalas oleh Hizbullah yang dalam pernyataannya mengatakan pihaknya menembakkan lusinan roket ke Kiryat Shmona di Israel utara.

“Sebagai tanggapan atas kejahatan mengerikan yang dilakukan musuh Israel di Mais al-Jabal,” kata pihak Hizbullah.

Tentara Israel mengatakan sekitar 40 peluncuran diidentifikasi melintasi Lebanon dan beberapa di antaranya berhasil dicegat.

“Tidak ada korban luka yang dilaporkan,” katanya pihak tentara Israel.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button