Berita

Jokowi: Daya Saing RI Naik Level, tapi Pendidikan-Kesehatan Masih Ranking 57-58

Presiden Jokowi mengecek jalan rusak di Lampung Selatan. Foto: Vico/Biro Pers Sekretariat Presiden

Presiden Jokowi meresmikan Gedung Jokowi Learning Center yang berada di SMA Kebangsaan, Lampung. Ia memuji SMA Kebangsaan yang lokasinya asri dan fasilitasnya yang modern.

“Dan saya senang yang sekolah di sini dari 28 provinsi ada semua, bahkan dari tanah Papua ada. Artinya SMA Kebangsaan ini diakui secara nasional karena [siswa] sekolah sudah dari 28 provinsi,” kata Jokowi dalam sambutannya, Kamis (11/7).

Jokowi mengatakan, sumber daya manusia (SDM) yang unggul dibutuhkan di tengah kompetisi antarnegara.

“Infrastruktur sebaik apa pun kalau SDM enggak baik, jelek, nanti di ranking kelihatan karena sekarang ini tiap tahun ada yang namanya World Competitiveness Ranking yang diadakan sebuah lembaga, IMD,” ungkapnya.

Presiden Joko Widodo kunjungan kerja ke Bali, Minggu (19/5/2024). Foto: Muchlis Jr/Biro Pers Sekretariat Presiden

Jokowi kemudian mengajak siswa dan pengurus melihat perbedaan infrastruktur dan teknologi antara Indonesia dengan negara tetangga seperti Malaysia dan Thailand.

“Bagus mereka atau bagus kita? Juga sama yang berkaitan dengan kesehatan, bagus mereka atau kita? Dan sayangnya dari sisi daya saing meskipun naik sampai 7 level, sangat bagus sekali, tapi untuk pendidikan dan kesehatan masih di ranking 57, 58. Padahal di World Competitiveness Ranking kita sudah berada di angka 27,” jelasnya.

Jokowi kemudian mengatakan, ranking Indonesia di World Competitiveness Ranking bisa naik lebih tinggi andai semua menteri mendirikan sekolah seperti SMA Kebangsaan.

“Dan kita akan memiliki SDM unggul yang dibutuhkan negara ini, karena sering saya sampaikan negara cepat akan kalahkan negara lambat, bukan negara besar kalahkan negara kecil. Ndak. Bukan negara adi daya kalahkan negara kecil, ndak, tapi negara cepat akan kalahkan negara lambat dan kita ingin jadi negara cepat dengan SDM-SDM yang menguasai semuanya teknologi, inovasi, semuanya,” tuturnya.

“Dan dengan mengucap bismillahirrahmanirrahim Gedung Jokowi Learning Center SMA Kebangsaan di Kabupaten Lampung Selatan, Provinsi Lampung secara resmi pada siang ini saya resmikan,” pungkasnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button