Berita

Anggota OPM Pimpinan Undius Kogoya yang Ditembak Mati Ternyata Desertir TNI

Ilustrasi TNI buru KKB Papua. Foto: Pupspen

Seorang anggota Organisasi Papua Merdeka (OPM) pimpinan Undius Kogoya ditembak mati oleh Satgas Damai Cartenz di Distrik Bibida, Kabupaten Paniai, Papua Tengah. Belakangan diketahui, anggota OPM itu bernama Danis Murib.

Panglima Komando Gabungan Wilayah III, Letjen Richard Tampubolon, menjelaskan bahwa Danis Murib merupakan seorang desertir TNI—orang yang melakukan desersi, yaitu lari meninggalkan dinas ketentaraan atau membelot kepada musuh.

“Keberhasilan prajurit TNI menembak dua orang OPM, salah satunya desertir, Danis Murib, di Bibida,” ujar Richard dalam keterangannya, Senin (17/6).

Danis Murib terakhir berdinas di TNI dengan pangkat prajurit dua (prada). Ia bertugas di Satuan Tugas Yonif 527/Baladibya Yudha, Kodam V/Brawijaya. Sebelum membelot, Danis sedang menjalankan operasi militer di Papua.

Akhirnya, Danis memutuskan untuk kabur dari tugas (kelana yudha) dengan meninggalkan Pos Moanemani Baru, Distrik Kamu, Kabupaten Dogiyai, pada 14 April lalu.

Richard mengatakan bahwa tindakan tegas yang diambil terhadap para anggota OPM diharapkan dapat mempercepat pembangunan di Papua.

“Tindakan ini telah mereduksi kekuatan OPM yang tentunya berdampak positif dalam menjaga stabilitas keamanan demi kelancaran proses percepatan pembangunan di Papua,” ucapnya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button