Berita

Suasana di Arafah Jelang Wukuf

Suasana jelang wukuf di Arafah. Foto: Salmah Muslimah/kumparan

Jemaah haji mulai berdatangan ke Arafah menjelang wukuf pada Sabtu, 15 Juni 2924 atau 9 Zulhijah 1445 H.

Jemaah haji Indonesia akan menempati 1.169 tenda yang terbagi dalam 73 maktab atau markaz. Setiap maktab akan disiapkan 10 bus yang akan membawa jemaah dari Arafah.

Suasana jelang wukuf di Arafah. Foto: Salmah Muslimah/kumparan

Suasana pada Sabtu (15/6) dini hari sekitar pukul 02.30 Waktu Arab Saudi (WAS), para jemaah haji terlihat khusyuk melaksanakan salat tahajud.

Ada juga yang berdzikir hingga membaca Al-Quran sambil menunggu salat Subuh.

“Sampai Arafah tadi malam, ini mau salat tahajud, baca Al-Quran sambil menunggu subuh,” ucap salah satu jemaah asal Medan di Arafah.

Suasana jelang wukuf di Arafah. Foto: Salmah Muslimah/kumparan

Apa saja yang bisa dilakukan jemaah saat wukuf tersebut?

Konsultan ibadah haji Petugas Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Daerah Kerja (Daker) Makkah, Homaidi, menjelaskan jemaah bisa memulai dengan melakukan sunah ihram, seperti potong kuku, membersihkan rambut ketiak, kemudian mandi, pakai parfum di badan, dan selanjutnya menggunakan kain ihram.

Jemaah laki-laki, menggunakan dua lembar kain ihram, satu lembar sebagai sarung sedangkan satu lembar lainnya sebagai selendang. Sedangkan perempuan menggunakan pakaian biasa menutup aurat selain wajah dan telapak tangan.

Seorang petugas mengecek kasur di tenda yang akan digunakan jamaah saat wukuf di Arafah, Arab Saudi, Selasa (20/6/2023). Foto: ANTARA FOTO/Wahyu Putro A

Homaidi mengatakan bagi yang tidak haid agar melakukan salat sunnah ihram.

Setelah itu niat haji dimulai dengan membaca “labbaikallahumma hajjan”, kemudian berlaku larangan ihram.

Terkait miqat, Homaidi menyebut bisa dimulai dari Makkah karena miqat haji bagi orang Indonesia yang sudah tinggal di Makkah adalah tanah haram.

Ibadah saat wukuf di Arafah

“Prosesi wukuf dimulai Zuhur yang diawali dengan khutbah wukuf, kemudian melaksanakan salat zuhur dan ashar dengan jamak taqdim. Jemaah bisa mengerjakan banyak istigfar dan berdoa kepada Allah Swt untuk kebaikan di dunia dan akhirat,” terang Homaidi saat diwawancara di Makkah, Jumat (14/6/2024) .

Arafah merupakan tempat yang mustajab untuk berdoa baik dari aspek tempat maupun waktu, yaitu saat wukuf di tanggal 9 Dzulhijjah.

Jemaah haji berkumpul di Bukit Rahmah di dataran Arafah selama ibadah haji tahunan, di luar kota suci Makkah, Arab Saudi, Selasa (27/6/2023). Foto: Mohamed Abd El Ghany/REUTERS

Makna Wukuf

Haji adalah Arafah. Wukuf di Arafah merupakan kunci dari puncak ibadah haji. Wukuf adalah berdiam diri di Padang Arafah, memohon ampunan dan bermunajat kepada Allah.

Homaidi mengatakan saat di padang Arafah, semua manusia dikumpulkan dengan pakaian sama yang menunjukkan bahwa derajat kita sama di hadapan Allah.

“Maka seyogyanya kita jangan merasa lebih dari orang lain sekaligus jangan minder dari orang lain, bahwa manusia sederajat, yang di atas hanya Allah,” jelasnya.

Padang Arafah adalah gambaran manusia di padang Mahsyar. Saat di Padang Mahsyar manusia dikumpulkan oleh Allah dan tidak ada lagi kesempatan berdoa dan beramal.

“Sedangkan di Arafah manusia masih bisa berdoa dan berdzikir mohon ampun kepada Allah supaya setelah berhaji kita menjadi orang yang lebih baik dan mabrur hajinya,” kata Homaidi.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button