Berita

Shin Tae-yong Senang Namanya Dielu-elukan Suporter Timnas Indonesia di Stadion

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong saat melawan Timnas Filipina pada pertandingan lanjutan Grup F ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024).
Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Shin Tae-yong menjadi sosok yang kini dicintai para suporter Timnas Indonesia. Di sisi lain, pelatih asal Korea Selatan (Korsel) itu pun senang dengan dukungan para suporter.

Bagi Shin, atmosfer di Stadion Utama GBK selalu memukau. Ia pun merasa bangga bisa mengukir sejarah demi sejarah bersama Timnas Indonesia, teranyar mengantar tim ke Ronde 3 Kualifikasi Piala Dunia dan back to back ke putaran final Piala Asia.

“Saya sangat senang bisa menulis sejarah baru dalam sepak bola Indonesia melalui Ronde Kedua Kualifikasi Piala Dunia,” kata Shin Tae-yong kepada media Korsel, Yonhap.

“80.000 penonton yang datang ke stadion sangat bahagia, dan saya sangat senang ketika mereka memanggil nama saya,” tambahnya.

Pemain Timnas Indonesia menyapa suporter usai menang melawan Timnas Filipina pada pertandingan lanjutan Grup F ronde kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 Zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Foto: Aditia Noviansyah/kumparan

Timnas Indonesia memastikan sejarah tersebut usai mengalahkan Filipina 2-0 pada Selasa (11/6) lalu. Walau faktanya tidak benar-benar ada 80.000 penonton di laga itu, melainkan ada lebih dari 60.000 penonton, atmosfer GBK tetap memukau Shin.

Adapun peserta Ronde Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 adalah 18 tim yang lolos dari Ronde Kedua (9 juara grup dan 9 runner-up grup). Mereka akan dibagi menjadi tiga grup yang terdiri dari enam tim.

Pengundian grup akan dilakukan pada 27 Juni 2024 di Kuala Lumpur, Malaysia. Terkait pengundian, ada 6 pot yang terdiri dari 3 tim dan Indonesia berada di pot 6 bersama Korut dan Kuwait. Dengan situasi tersebut, Indonesia bisa saja segrup dengan negara-negara kuat, misalnya Australia, Korsel, bahkan Jepang.

Nantinya, laga digelar dengan sistem kandang dan tandang. Dua tim teratas setiap grup akan langsung lolos ke putaran final Piala Dunia 2026, sedangkan tim peringkat ketiga dan keempat akan berjuang lagi di Ronde Keempat, sedangkan tim posisi lima dan enam sudah pasti tersingkir.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button