Berita

Puncak Haji 2024 Dimulai, Diikuti Lebih 1,5 Juta Jemaah dari Penjuru Dunia

Suasana Kota Tenda Mina, salah satu tempat suci dalam rangkaian ritual haji. Foto: CGC Saudi

Puncak pelaksanaan haji 1445 H/2024 M selama 5-6 hari telah dimulai. Ibadah dimulai pada tanggal 8 Zulhijah atau Hari Tarwiyah, bertepatan dengan Jumat, 14 Juni. Otoritas Arab Saudi melansir, haji diikuti lebih dari 1,5 juta jemaah dari penjuru dunia.

Prosesi haji pada tanggal 8 Zulhijah adalah bermalam di Mina, sekitar 7-10 km dari Kota Makkah, untuk beribadah di Hari Tarwiyah. Ibadah Hari Tarwiyah adalah sunah: dilaksanakan mendapat pahala, tidak dilaksanakan tidak berdosa.

Jemaah Indonesia yang diorganisasi oleh Kemenag tidak melaksanakan ibadah Hari Tarwiyah, melainkan langsung mengarah ke padang Arafah untuk persiapan wukuf pada 9 Zulhijah atau 15 Juni.

Wukuf atau berdiam diri di Arafah merupakan inti haji. Tanpa wukuf di Arafah, haji tidak sah. Jarak Kota Makkah ke Arafah 25-31 km.

Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas selaku Amirul Hajj mengecek fasilitas layanan tempat tidur bagi jemaah calon haji Indonesia 1445 H di Arafah, Makkah, Selasa (11/6/2024). Foto: Sigid Kurniawan / ANTARA FOTO

Kalimat Talbiyah Bergema

Sementara itu, jemaah yang melaksanakan ibadah Hari Tarwiyah mulai keluar dari Kota Makkah pada Kamis (13/6) malam lalu disambung pada hari Jumat ini.

Mengutip Saudi Gazette, ratusan ribu jemaah, dengan pakaian ihram putih mulus, memulai perjalanan perlahan dan mantap menuju ke kota tenda Mina pada Kamis malam.

“Kota suci Makkah bergema dengan talbiyah Labbaik Allahumma Labbaik (Aku penuhi panggilan-Mu, ya Allah, aku memenuhi panggilan-Mu),” lapornya.

“Para jemaah akan menghabiskan Hari Tarwiah pada hari Jumat, 8 Zulhijah, di kota tenda yang luas, menandai dimulainya haji tahun ini. Mereka akan menghabiskan Hari Tarwiyah dengan berdoa dan beribadah di tenda mereka sebagai persiapan untuk berdiri di Arafah pada hari Sabtu, puncak ibadah haji tahunan,” tambahnya.

Di Mina, jemaah melaksanakan salat Zuhur, Ashar, Magrib, Isya, dan Subuh. Mereka mempersingkat salat Zuhur, Ashar, dan Isya menjadi dua rakaat, mengikuti sunah Nabi Muhammad.

Mina merupakan lembah yang terletak di antara Kota Makkah dan Muzdalifah. Kota tenda ini hanya dihuni saat pelaksanaan haji saja.

Masjidil Haram pada 8 Zulhijah 1445 H atau Jumat (14/6/2024) dini hari sedikit lengang karena jemaah mulai bergerak ke luar kota. Foto: Youtube @qurantvsa

Dilaporkan juga, pihak berwenang Saudi telah mengerahkan semua sumber daya manusia dan material mereka untuk menjadikan ibadah haji bebas repot dan sukses besar sesuai instruksi Raja Salman dan Putra Mahkota Muhammad bin Salman.

Logistik yang dibutuhkan untuk mendukung jutaan jemaah haji sangatlah mencengangkan,” lapor Saudi Gazette.

Ditambahkan, otoritas keamanan telah menyelesaikan semua persiapan sempurna mereka untuk menjamin keselamatan jemaah dan keamanan pelaksanaan haji.

Akibat jemaah mulai keluar dari Kota Makkah untuk menuju Mina atau langsung ke Arafah — seperti jemaah Indonesia — suasana Masjidil Haram sedikit lebih lengang.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button