Berita

Mengenal ARIA, Terobosan Cyber Security di Era Digital

Ilustrasi keamanan siber. Foto: Shutter Stock

Keamanan siber menjadi isu yang sangat penting di era serba digital saat ini. Solusi keamanan siber pun diharapkan dapat menjadi perhatian semua pihak, mulai dari pemerintah, swasta, dan masyarakat.

Seperti solusi yang dihadirkan perusahaan keamanan siber, Protergo Cyber Security dengan layanan ARIA (Accessible Resilience Information Armor). Layanan keamanan siber ini diluncurkan pada 24 April lalu dan dihadiri pihak Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN). BSSN pun mengapresiasi hadirnya ARIA.

“ARIA ini sebuah terobosan menarik dalam hal solusi bagi Penyelenggara Sistem Elektronik untuk dapat mengimplementasikan cyber security yang tepat guna dan tepat sasaran, efektif, dan efisien,” ujar Sandiman Direktorat KSS TIKA Media dan Transportasi BSSN, Mahardika Soffan.

Mahardika berharap semakin banyak penyedia solusi menghadirkan produk yang dikembangkan di dalam negeri seperti ARIA. Secara filosofi, keberadaan ARIA menjadi solusi, namun para pelaku usaha juga tetap harus memahami risiko dan membuat keputusan yang tepat terkait kebijakan keamanan untuk sistem dan data mereka.

Berdasarkan data penelitian dari Vectra, sistem SOC (Security Operation Center) kesulitan dalam menangani 67 persen dari seluruh peringatan dalam sistem data, dimana sebagian besar dari laporannya merupakan false positive atau aktivitas yang tidak berbahaya. Hal ini mengakibatkan kurangnya efektivitas pada pekerjaan mereka.

Menjawab permasalahan ini, ARIA hadir dengan inovasi, yang terdapat keseluruhan keamanan sistem, mulai dari identifikasi, deteksi, dan respons terhadap insiden secara otomatis. Dengan terintegrasinya ketiga elemen ini, perusahaan dapat mencegah dan menangani serangan siber secara efektif.

Dengan meningkatnya ancaman kejahatan siber di Indonesia, perusahaan harus memberikan perhatian tambahan pada keamanan infrastruktur IT, terutama bagi yang menyimpan data sensitif seperti data pribadi konsumen.

Keberadaan ARIA disebut akan mempercepat dan memastikan pekerjaan IT Security dalam melindungi sistem teknologi dan perangkat-perangkat seperti komputer, gadget seluler, server, jaringan dan sistem elektronik dari serangan peretas.

Protergo Cyber Security memiliki “Cyber Security Hub” di gedung yang terintegrasi di Graha Protergo, Jakarta Selatan. Protergo Cyber Security juga merupakan lembaga konsultan yang terverifikasi ke dalam daftar putih BSSN.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button