Berita

Hujan Turun 36 Jam, Banjir dan Longsor Hantam India

Ilustrasi banjir di India. Foto: Ankit Sharma/REUTERS

Sebanyak enam orang tewas dan sekitar 2 ribu turis terdampar akibat longsor dan banjir di negara bagian Sikkim di India. Lokasi kejadian berada di sekitar Himalaya.

Laporan tersebut disampaikan oleh seorang pejabat lokal pada Jumat (14/6). Dia mengatakan, longsor dan banjir adalah imbas hujan deras yang turun puluhan jam.

Salah wilayah di Sikkim yang paling terdampak bencana adalah Distrik Mangan. Pejabat lokal setempat Hem kumar Chettri mengakui adanya kerusakan infrastruktur di wilayahnya bertugas.

“Hujan terus turun selama 36 jam. Jalan di utara Sikkim, di beberapa lokasi hancur, sehingga memutus koneksi antardistrik,” kata Chettri seperti dikutip Reuters.

“Wisatawan yang terdampar seluruhnya selamat tapi kami belum bisa mengevakuasi karena banyaknya kerusakan (infrastruktur),” sambung dia.

Dia mengatakan, mayoritas turis yang terdampar adalah wisatawan lokal. Hanya belasan orang yang warga asing.

Sikkim, yang berada di perbatasan India dengan China dan Nepal, dikenal sebagai magnet turis. Sebab, Sikkim menawarkan keindahan alam.

Akan tetapi, Sikkim dikenal langganan bencana. Itu disebabkan cuaca ekstrem yang kerap menghantam wilayah ini. Pada 2023 lalu 179 dilaporkan tewas akibat banjir di Sikkim.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button