Berita

The Fed Tahan Suku Bunga, Pemangkasan Ditunda hingga Desember 2024

Federal Reserve. Foto: Shutterstock

Bank sentral Amerika Serikat (AS), Federal Reserve (The Fed), memutuskan tetap mempertahankan suku bunga acuan atau Fed Fund Rate tetap stabil di kisaran 5,25-5,5 persen pada Rabu (12/6).

Dikutip dari Reuters, Ketua The Fed Jerome Powell mengatakan, pihaknya akan tetap mempertahankan suku bunga sampai perekonomian memberikan sinyal yang jelas, baik melalui penurunan tekanan inflasi harga atau lonjakan tingkat pengangguran.

Sejauh ini, Powell mencatat dalam konferensi pers setelah pertemuan kebijakan dua hari berakhir, inflasi telah turun tanpa memberikan dampak besar terhadap perekonomian, dan dia mengatakan tidak ada alasan untuk berpikir bahwa hal tersebut tidak dapat dilanjutkan.

“Dinamika ini dapat terus berlanjut selama hal tersebut terus berlanjut. Kami mempunyai pasar tenaga kerja yang kuat dan bagus. Kami pikir kami telah membuat kemajuan menuju tujuan stabilitas harga,” ujarnya saat konferensi pers.

Hasilnya adalah The Fed menerima perkiraan penurunan inflasi yang lambat untuk kembali menuju target 2 persen, dengan indeks harga pengeluaran konsumsi pribadi (PCE) hampir tidak berubah pada akhir tahun ini.

Berdasarkan proyeksi saat ini, jika tidak ada kejutan dalam data inflasi atau lapangan kerja yang akan datang, pemotongan suku bunga kemungkinan tidak baru dimulai pada Desember 2024, sehingga keputusan The Fed akan dikeluarkan dari siklus pemilihan presiden AS pada 5 November.

“Sebenarnya, ini bukan hanya soal angka inflasi. Ini soal totalitas data, apa yang terjadi di pasar tenaga kerja, apa yang terjadi dengan keseimbangan risiko, apa yang terjadi dengan prakiraan, apa yang terjadi dengan pertumbuhan,” tutur Powel.

Adapun data inflasi AS yang diterbitkan beberapa jam sebelum rilis pernyataan kebijakan The Fed dan pembaruan proyeksi menunjukkan indeks harga konsumen (CPI) AS tidak naik sama sekali dari bulan ke bulan pada Mei 2024, yakni 3,3 persen.

Jerome Powell Foto: REUTERS/Joshua Roberts

Indeks harga PCE meningkat secara tahunan 2,7 persen di April. Median yang diproyeksikan oleh The Fed untuk akhir tahun adalah 2,6 persen, dan target 2 persen akan kembali sepenuhnya pada tahun 2026.

Proyeksi baru The Fed menunjukkan perekonomian diperkirakan masih tumbuh sedikit di atas tren sebesar 2,1 persen tahun ini, meskipun kuartal I 2024 lesu, dan tingkat pengangguran akan tetap pada angka 4 persen sepanjang tahun.

Seiring dengan pemangkasan penurunan suku bunga yang diharapkan pada tahun ini, proyeksi baru tersebut mempertahankan suku bunga “netral” jangka panjang untuk menjaga inflasi tetap terkendali sambil mempertahankan pertumbuhan yang stabil menjadi 2,8 persen dari 2,6 persen.

“Pertanyaan mengenai seberapa ketat kebijakan ini adalah pertanyaan yang ditanyakan semua orang. Saya pikir buktinya cukup jelas. Kebijakan ini bersifat membatasi dan memberikan dampak yang kita harapkan,” tutur Powel.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button