Berita

Vivo X Fold3 Pro dan X100 Series Meluncur di Indonesia, Pakai Kamera Zeiss

Vivo X Fold3 Pro. Foto: Habib Allbi Ferdian/kumparan

Vivo resmi meluncurkan dua handphone (HP) premium sekaligus di Indonesia, yakni Vivo X Fold3 Pro dan X100 Series. Keduanya sama-sama menggandeng perusahaan lensa Zeiss untuk merancang kameranya.

“Vivo X Fold3 Pro dan Vivo X100 Series menghadirkan peningkatan ekstensif yang melampaui pengalaman fotografi dan fitur multi-fungsional untuk para profesional,” ujar Hadie Mandala, Product Manager Vivo Indonesia, di acara peluncuran Vivo X Fold3 Pro dan X100 Series di Jakarta, Rabu (12/6).

“Ini pertama kalinya dalam perjalanan Vivo di Indonesia, kami menghadirkan sekaligus dua seri flagship, sebagai respons kami untuk menghadirkan inovasi yang berorientasi pada pengguna dan teknologi pencitraan seluler premium.”

Spesifikasi Vivo X Fold3 Pro

Vivo X Fold3 Pro diklaim menjadi HP layar lipat paling tipis, memiliki ketebalan 11,2 mm dalam keadaan terlipat seperti buku, dan ketebalannya menjadi 5,2 mm ketika layarnya dibuka. Bobotnya cuma 236 gram.

Vivo X Fold3 Pro mengusung layar utama AMOLED E7 8,03 inci yang mendukung teknologi LTPO 8T, resolusi 2K, refresh rate 120 Hz, HDR 10, Dolby Vision, kaca UTG, dengan tingkat kecerahan hingga 3.000 nits.

Sementara untuk layar luar (cover screen saat layar HP terlipat), Vivo X Fold3 Pro mengusung AMOLED LTPO berdiagonal 6,53 inci dengan resolusi Full HD Plus, refresh rate 120 Hz, kaca pelindung Armor Glass, Dolby Vision, dengan tingkat kecerahan maksimal 3.000 nits. Vivo mengeklaim telah meningkatkan engsel ponsel X Fold3 Pro yang kini bisa menahan 100 lipatan setiap hari selama 12 tahun.

Vivo X Fold3 Pro. Foto: Habib Allbi Ferdian/kumparan

Untuk dapur pacu, smartphone layar lipat ini ditenagai oleh chip Qualcomm Snapdragon 8 Gen 3, dipadukan dengan RAM LPDDR5X 16 GB, dan memori utama 512 GB. Vivo X Fold3 Pro dibekali baterai jumbo berkapasitas 5.700 mAh, yang mendukung teknologi fast charging 100 Watt.

Vivo X Fold3 Pro punya tiga kamera belakang yang terdiri dari kamera utama 50 MP (OIS, OV50H), kamera ultra wide 50 MP, dan kamera telefoto 64 MP dengan zoom optik 3x.

Ponsel ini juga dilengkapi chip pemroses gambar (imaging chip) Vivo V3 yang dikembangkan secara mandiri oleh Vivo. Chip Vivo V3 dikembangkan menggunakan teknologi lapisan (coating) baru Zeiss T untuk mengurangi efek refleksi gambar sampai 50 persen. Vivo X Fold3 Pro memiliki kamera depan beresolusi 32 MP.

Sistem operasi (OS) yang dijalankan adalah Android 14, yang dipoles dengan tampilan antarmuka (UI) Funtouch OS 14. Spesifikasi Vivo X Fold3 Pro juga dilengkapi pemindai sidik jari (fingerprint) yang disematkan di dalam layar (in-display), Bluetooth 5.4 LE, Wi-Fi dual band, dan dual SIM dengan dukungan 5G.

Vivo X Fold3 Pro juga menjadi smartphone pertama Vivo di Indonesia yang didukung Artificial Intelligence (AI) dengan memperkenalkan teknologi SmartFold AI berupa AI Note Assistant, AI Transcript Assist, and AI Global Assistant. Fitur AI Note Assistant bisa digunakan untuk meringkas teks, memformat dokumen, mengembangkan kerangka tulisan, dan mengubah nada tulisan.

Fitur AI Transcript Assist dapat transkrip rekaman menjadi teks dan menghasilkan ringkasan dari konten yang direkam. Sementara, fitur AI Global Translation mampu memfasilitasi terjemahan ke berbagai bahasa dengan mulus. Ketiga fitur AI dari vivo X Fold3 Pro ini dapat dijalankan tanpa harus terkoneksi dengan internet.

Vivo X Fold3 Pro. Foto: Habib Allbi Ferdian/kumparan

Untuk memastikan pengguna meraih efisiensi dalam menavigasi pekerjaannya, vivo X Fold3 Pro juga disempurnakan dengan Multitasking Foldable OS yang memberikan fitur-fitur tambahan, seperti Always On Display, Taskbar, Fold to Split, dan Microsoft Link to Windows. Dengan demikian pengguna dapat memiliki pengalaman multitasking yang lebih intuitif dan lancar.

Hadir dengan 2 varian warna elegan, Eclipse Black dan Solar White, harga Vivo X Fold3 Pro dibanderol dengan harga Rp 26.999.000 untuk varian 16GB+16GB RAM dan 512GB ROM.

Spesifikasi Vivo X100 Series

Ada dua pilihan yang ditawarkan, yakni Vivo X100 Pro dan Vivo X100 reguler. Vivo X100 Pro dibekali dengan chipset MediaTek Dimensity 9300. Prosesor dengan fabrikasi 4 nm ini punya kecepatan clock hingga 3,25 GHz. Chipset ini juga memberikan pengalaman visual dengan detail gambar yang lebih halus dan visual yang lebih mulus.

Vivo X100 Pro memiliki tiga kamera belakang dengan resolusi 50 MP, yang menggunakan sensor utama Sony IMX989 berukuran 1 inci. Smartphone ini dibekali lensa telefoto yang disertifikasi oleh Zeiss APO.

Dengan ZEISS APO Telephoto Camera, Vivo X100 Series menawarkan hasil potret yang mempertahankan keaslian warna dan detail rumit, bahkan dalam kondisi pencahayaan yang buruk. Masih ada lagi ZEISS Multifocal Portrait yang memungkinkan pengguna untuk mengambil foto dari berbagai sudut menggunakan lensa golden focal yang mendukung 5 length fokus berbeda, dipadukan dengan efek blur Zeiss.

Vivo X100 Pro. Foto: Habib Allbi Ferdian/kumparan

Selain fotografi, Vivo X100 Pro juga dilengkapi dengan fitur 4K Cinematic Portrait Video. Pengguna dapat dengan mudah menciptakan video dengan memanfaatkan 5 preset bawaan, seperti Natural Portrait, Summer Sea Breeze, Classic Movie, Retro Focus, dan Hong Kong Night Scene.

Fitur 4K Cinematic Portrait Video juga mendukung pengambilan video pada malam hari yang dapat ditingkatkan hingga 4K 60fps untuk memenuhi kebutuhan profesional pengguna. Berkat dukungan cip Vivo V3 yang dirancang khusus untuk meningkatkan performa mobile imaging, peralihan fokus dari satu objek ke objek lainnya berlangsung dengan mulus dan tanpa hambatan.

Vivo X100 Series ditenagai baterai berkapasitas Equivalent 5.000 mAh BlueVolt Battery dengan 120 Watt Flash Charge yang mampu mengisi hingga 50% hanya dalam 11 menit. Sementara itu, Vivo X100 Pro mengusung baterai berkapasitas Equivalent 5.400 mAh BlueVolt Battery dengan 100W Flash Charge yang hanya membutuhkan waktu 15 menit sampai daya terisi 50%.

Pada sektor desain, vivo memperkenalkan inovasi yang terinspirasi dari fenomena solar eclipse lewat Sun Halo Design untuk Vivo X100 Pro dan Moon Halo Design untuk vivo X100. Desain ini membentuk konfigurasi kamera Vivo X100 Series dalam lingkaran layaknya posisi bulan, matahari, dan bumi ketika gerhana terjadi. Vivo X100 Series juga mengusung desain 3D Curved Screen yang menambahkan tampilan premium dan kenyamanan dalam genggaman.

Untuk harga Vivo X100 Pro dibanderol Rp 16.999.000 untuk 16GB+16GB RAM dan 512GB ROM. Vivo X100 reguler dibanderol dengan harga Rp 11.999.000 untuk 12GB+12GB RAM dan 256GB ROM. Vivo membuka Pre-Order untuk konsumen yang ingin memiliki Vivo X Series melalui online dan offline mulai hari ini, 12 – 20 Juni 2024.

Vivo X100 Pro. Foto: Habib Allbi Ferdian/kumparan

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button