Berita

Perjuangan Rifda Irfanaluthfi Bangkit dari Cedera Parah: Sempat Mental Breakdown

Pesenam Indonesia Rifda Irfanaluthfi berlatih nomor palang bertingkat di GOR Senam Raden Inten, Jakarta Timur, Senin (22/4/2024). Foto: Wahyu Putro A/ANTARA FOTO

Atlet senam artistik Indonesia, Rifda Irfanaluthfi, menceritakan perjuangannya untuk bangkit kala mengalami cedera lutut parah atau Anterior Cruciate Ligament (ACL) usai berlaga dalam kejuaraan dunia di Belgia beberapa waktu lalu. Ia mengaku hal itu membuat kesehatan mentalnya terganggu.

Rifda alami cedera ACL saat berlaga dalam Kejuaraan Senam Dunia 2023 di Antwerp, Belgia, pada akhir tahun 2023. Namun, dari kompetisi itu pula, perempuan berusia 24 tahun tersebut amankan jatah tiket ke Olimpiade Paris 2024.

Rifda mengungkap bahwa cedera ACL yang ia derita dari kompetisi tersebut sungguh mengganggu kesehatan jiwa dan raganya. Tak hanya terindikasi ACL, Rifda mengaku alami mental breakdown akibat hal tersebut.

“Saat cedera kemarin terasa sekali, kemarin sempet merasa mental breakdown karena cedera itu,” ujar Rifda di Kantor NOC, Jakarta, Rabu (12/6).

Pesenam putri Indonesia Rifda Irfanaluthfi beraksi di balok keseimbangan pada nomor tunggal putri semua alat (all round) Senam Artistik SEA Games 2021 Vietnam di Quan Ngua Sports Palace, Hanoi, Vietnam, Sabtu (14/5/2022). Foto: Zabur Karuru/ANTARA FOTO

Kendati demikian, jelang tampil Olimpiade Paris 2024, Rifda mengaku kondisinya berangsur pulih nan membaik dalam segi fisik maupun mental. Ia berjanji akan tampil maksimal dalam kejuaraan olahraga paling bergengsi di dunia tersebut.

“Sekarang alhamdulillah jauh lebih secara fisik dan mental. sekarang sudah percaya diri dan semangat lagi untuk menghadapi Olimpiade [Paris 2024],” tandasnya.

Kini, Rifda akan bergegas ke Kota Heerenveen, Belanda, untuk melakukan pemusatan latihan demi tampil maksimal di Olimpiade Paris 2024. Ia juga mengukir sejarah sebagai atlet senam artistik pertama RI yang tampil di Olimpiade.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button