Berita

Fakta-fakta Pesawat Militer yang Ditumpangi Wapres Malawi Jatuh

Wakil Presiden Malawi, Saulos Chilima. Foto: Amos Gumulira / AFP

Pesawat militer yang ditumpangi Wapres Malawi Saulos Klaus Chilima dan sembilan orang jatuh pada Senin (10/6).

Pesawat pembawa Chilima hilang kontak pada hari Senin ini. Pesawat tersebut berangkat dari ibu kota Lilongwe menuju wilayah utara tepatnya di kota Mzuzu.

Menurut laporan otoritas Malawi pesawat itu harusnya mendarat 45 menit setelah lepas landas. Akan tetapi, air traffic control tidak bisa mengontak pesawat itu. Menurut otoritas Malawi saat pesawat menghilang dari radar cuaca sedang buruk.

Presiden Malawi Kerahkan Militer Cari Pesawat Wapres yang Hilang

Wakil Presiden Malawi, Saulos Chilima. Foto: Amos Gumulira / AFP

Presiden Malawi Lazarus Chakwera pada Senin (10/6) memerintahkan militer mencari keberadaan pesawat pembawa Wapres Saulos Chilima, di wilayah hutan pegunungan sebelah utara.

“Saya tahu ini adalah situasi menyedihkan. Saya tahu kita semua takut dan prihatin. Saya pun khawatir,” kata Chakwera seperti dikutip dari Associated Press.

“Tapi saya pastikan ke kalian semua kami tidak akan menyia-nyiakan sumber daya yang tersedia untuk menemukan pesawat itu. Saya memegang teguh harapan kami akan menemukan orang yang selamat,” sambung dia.

Dinyatakan Jatuh

Wakil Presiden Malawi Saulos Chilima turun dari pesawat sekembalinya dari Korea Selatan di Lillongwe, Malawi, MInggu (9/6/2024). Foto: AP Photo

Militer Malawi memastikan pesawat kenegaraan yang ditumpangi Wapres Saulos Klaus Chilima jatuh pada Senin (10/6). Lokasi jatuhnya burung besi itu berada di hutan Chikangawa.

Komandan Pasukan Pertahanan Malawi Paul Valentino Phiri menyebut, operasi pencarian dan evakuasi memang terhambat. Itu disebabkan lokasi kecelakaan yang diselimuti kabut dan cuaca buruk.

Kondisi seperti itu, kata Phiri, membuat jarak pandang pencarian sangat terbatas.

Dinyatakan Tewas

Wapres Malawi Saulos Klaus Chilima dan sembilan orang yang sepesawat dengannya dinyatakan meninggal dunia.

Kabar duka mengenai wafatnya Chilima disampaikan oleh Presiden Malawi Lazarus Chakwera pada Selasa (11/6).

“Saya sangat sedih. saya berduka ketika memberi tahu kalian semua ini berubah menjadi tragedi buruk,” ucap Chakwera seperti dikutip dari Reuters.

“Tim pencari dan evakuasi sudah menemukan pesawat di sekitar bukit, pesawat itu ditemukan hancur lebur dan tak ada yang selamat,” sambung dia.

Chakwera menambahkan, lokasi penemuan puing pesawat berada di sekitar hutan Chikangawa.

Dugaan awal pesawat itu jatuh akibat cuaca buruk di sekitar lokasi kejadian.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button