Berita

Indonesia Sambut Baik Slovenia Akui Palestina

Menteri Luar Negeri (Menlu) Retno Marsudi mengikuti rapat kerja bersama Komisi I DPR di kompleks Parlemen, Senayan, Jakarta, Rabu (5/6/2024). Foto: Aditya Pradana Putra/ANTARA FOTO

Slovenia menambah daftar panjang negara yang kini mengakui Palestina. Pemerintah Indonesia menyambut terbuka keputusan tersebut.

“Indonesia menyambut baik keputusan Slovenia yang secara resmi mengakui Negara Palestina (4/6),” cuit Kementerian Luar Negeri RI dalam akun resminya dikutip Kamis, (6/6).

Langkah pengakuan Palestina di parlemen Slovenia mendapat dukungan mayoritas dari wakil rakyat setempat.

Sebelum usulan disahkan, komite luar negeri parlemen telah lebih dulu menegaskan mendukung rencana pemerintah Slovenia mengakui Palestina.

“Ini adalah kebangkitan kesadaran kolektif kita dan sebuah langkah penting menuju solusi dua negara,” cuit Kemlu RI.

“Bersama-sama, kita akan terus membela keadilan dan kemanusiaan bagi Palestina.”

Saat ini dari 27 anggota Uni Eropa, yang mengakui Palestina sebelum perang Gaza pecah adalah Swedia, Siprus, Hungaria, Republik Ceko, Polandia, Slovakia, Rumania, dan Bulgaria.

Kemudian langkah itu diikuti oleh Spanyol dan Irlandia. Norwegia yang bukan anggota Uni Eropa tapi anggota koalisi militer Barat NATO, turut pula mengakui Palestina usai perang Gaza pecah.

Negara-negara Eropa yang baru saja mengakui Palestina percaya langkah mereka dapat menekan Israel mengakhiri serangan di Gaza.

Setelah Slovenia, Malta berencana akan mengakui kemerdekaan Palestina dalam waktu dekat.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button