Berita

2 Rumah Warga di Bandung Rusak Akibat Pipa PDAM Jebol, Pemkot Akan Ganti Rugi

Rumah warga yang hancur akibat jebolnya pipa PDAM di Jalan Cibangkong, Batununggal, Kota Bandung (5/6/2024). Foto: Robby Bouceu/kumparan

Pipa air milik Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirtawening di Jalan Cibangkong, Batununggal, Kota Bandung jebol, dan merobohkan rumah milik warga, pada Rabu (5/6). Kejadian tersebut dilaporkan sekitar pukul 16.00 WIB.

Beberapa jam kemudian, Pj Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin, diketahui datang ke lokasi.

“Yang rusak 2 rumah,” kata Bey kepada wartawan.

Kata dia, Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung akan menanggung biaya kerusakan yang dialami warga.

Pipa PDAM Tirtawening jebol sebabkan dua rumah rusak berat hingga dua unit sepeda motor nyaris hanyut di Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Rabu (5/6/2024). Foto: Dok. kumparan

Baik yang rusak terdampak langsung maupun yang berpotensi rusak antaran proses perbaikan pipa.

“Saat konstruksi nanti pipanya, apakah PDAM perlu membongkar ke sebelah atau tidak, yang penting masyarakat tidak perlu khawatir kalau ada kerusakan saat perbaikan. Nanti akan ditanggung,” ungkap Bey.

“Nanti akan dibahas. Tentu sebaiknya kalau ada famili lebih baik tinggal dulu di sana (saudara), tapi malam ini Dirut PDAM akan rapat dengan camat, RT dan RW,” tuturnya.

Selain itu, Bey juga secara pribadi mengimbau agar tidak mendekat saat petugas melakukan perbaikan pipa. Hal itu akan berlangsung 3 hari.

“Harus ada alat berat masuk, jadi kami mohon kepada masyarakat nanti kalau ada yang bekerja untuk pembersihan reruntuhan bangunan dan sebagainya mohon untuk menjauh jangan mendekat,” kata Bey.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button