Berita

Makkah Semakin Ketat, Ada Rombongan Haji Ziarah ke Luar Sulit Kembali

Jamaah calon haji memadati Masjidil Haram usai shalat zuhur di Makkah, Arab Saudi, Selasa (4/6/2024). Foto: Sigid Kurniawan / ANTARA FOTO

Kepala Daerah Kerja (Daker) Makkah Khalilurrahman mengatakan ada sejumlah rombongan haji yang melakukan ziarah ke luar kota perhajian. Akhirnya saat mau kembali ke Makkah mengalami kesulitan karena adanya pengetatan dari Pemerintah Arab Saudi.

Kota perhajian sesuai ketentuan Pemerintah Kerajaan Arab Saudi adalah dua kota suci yaitu Makkah Al Mukarramah dan Madinah Al Munawarah.

“Sekitar 2 hari lalu kami mendapatkan laporan ada beberapa rombongan jemaah yang melakukan ziarah di luar Kota Makkah dan ketika akan masuk ke Kota Makkah mendapatkan hambatan kendala,” kata Khalil di Kantor Daker Makkah, Selasa (4/6) malam.

Akhirnya pihaknya bekerja sama dengan pihak-pihak terkait untuk mengkomunikasikan dan membantu jemaah agar bisa masuk kembali ke Kota Makkah.

“Oleh karena ada pemeriksaan yang begitu ketat, kami mohon kepada jemaah haji agar tidak melakukan perjalanan di luar kota Makkah terutama sebelum puncak haji,” ucap Khalil.

Khalil mengatakan kondisi Kota Makkah saat ini semakin padat dan pemeriksaan di check point pintu masuk Makkah semakin ketat.

Demi keselamatan dan kenyamanan jemaah haji, pihaknya mengimbau agar jemaah mematuhi surat edaran yang sudah dibuat untuk tidak melakukan perjalanan ke luar kota perhajian seperti ke Jeddah, Thaif, Madain Saleh dan sebagainya.

“Bagi Jemaah yang melaksanakan ziarah di luar Kota Makkah, maka akan mendapatkan kendala nanti ketika akan masuk ke Kota Suci Makkah. Karena itu, demi keselamatan dan kenyamanan jemaah haji, kami mengimbau agar tidak keluar Kota Makkah sebelum puncak haji,” katanya.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button