Berita

3 Sungai di Benua Afrika dan Keunikannya

Sungai di Benua Afrika. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/AXP Photography

Sungai merupakan aliran air besar dan memanjang yang mengalir secara terus menerus. Di dunia ini ada banyak sungai yang membentang dari daerah satu ke daerah lainnya. Contohnya adalah beberapa sungai di Benua Afrika.

Sungai-sungai yang ada di Benua Afrika memiliki beberapa keunikan tersendiri. Hal ini membuat sungai-sungai tersebut berbeda dengan sungai di benua lainnya.

3 Sungai di Benua Afrika serta Keunikannya

Sungai di Benua Afrika. Foto Hanya Ilustrasi. Sumber Foto: Unsplash.com/AXP Photography

Dikutip dari buku Ensiklopedia Pelajar dan Umum karya Gamal Komandoko, (2010) Benua Afrika atau dikenal juga dengan Benua Hitam merupakan benua terbesar kedua di dunia. Luas benua ini mencapai 30,3 juta km2 (11,7 juta mil persegi).

Afrika mencakup 20% luas daratan bumi dan 6% dari total luas permukaan bumi. Kondisi alam di benua ini sangat unik karena secara geografis terletak di antara Samudera Atlantik dan Samudera Hindia.

Salah satu pembahasan menarik mengenai benua ini adalah sungainya. Jadi, ada beberapa sungai di Benua Afrika yang memiliki ciri khas tersendiri. Berikut di antaranya.

1. Sungai Nil

Sungai Nil, sungai terpanjang di dunia, tak diragukan lagi merupakan ikon paling terkenal di Afrika. Alirannya yang membentang sepanjang 6.650 kilometer melintasi 11 negara, mengantarkan kehidupan dan peradaban bagi jutaan manusia di sepanjang tepiannya.

Sungai Nil merupakan sungai yang tidak pernah mengalami kekeringan selama lebih dari 30 juta tahun lamanya. Sungai ini juga membentuk rawa yang luas dari daratan Sudan selama musim hujan.

2. Sungai Kongo

Sungai Kongo, sungai terdalam di dunia dengan kedalaman mencapai 230 meter, menyimpan kekuatan alam yang luar biasa. Debit airnya yang deras mengalir sepanjang 4.700 kilometer, menjadikannya sungai terluas kedua di Afrika.

Keunikan Sungai Kongo terletak pada air terjunnya yang spektakuler, seperti Air Terjun Inga dan Livingstone, yang menawarkan pemandangan alam yang menakjubkan. Sungai Kongo juga merupakan habitat bagi berbagai spesies flora dan fauna yang unik, menjadikannya surga bagi para pecinta alam liar.

3. Sungai Niger

Sungai Niger, sungai terpanjang di Afrika Barat, merupakan jalur perdagangan dan budaya yang penting bagi masyarakat di sekitarnya. Alirannya yang membentang sepanjang 4.200 kilometer melintasi Guinea, Mali, Niger, Benin, dan Nigeria, menghubungkan berbagai komunitas dan budaya.

Keunikan Sungai Niger terletak pada Delta Binnenya yang luas, menjadikannya habitat bagi berbagai spesies burung dan ikan. Sungai Niger juga memainkan peran penting dalam kehidupan masyarakat di sekitarnya, menyediakan air untuk minum, irigasi, dan transportasi.

Baca juga: Jawaban Soal TTS: Sungai Terpanjang di Benua Amerika

Itulah penjelasan mengenai sungai di Benua Afrika dan keunikannya. Masing-masing sungai di benua ini merupakan sumber kehidupan bagi manusia yang ada di sekitarnya. (WWN)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button