Berita

Gempa Garut 6,5 M Terasa hingga Jakarta, Warga Berhamburan Keluar

Warga penghuni apartemen di Cassablanca berhamburan karena gempa Garut. Foto: Ahmad Romadoni/kumparan

Gempa berkekuatan 6,5 magnitudo mengguncang kawasan Garut pada Sabtu (27/4) pukul 23.39 WIB. Gempa ini dilaporkan terasa di sejumlah wilayah, di antaranya di Bogor, Jakarta, Bandung, Kebumen, hingga Cilacap.

Gempa dirasakan cukup kuat di Jakarta. Hal ini membuat sejumlah warga berhamburan ke luar rumah untuk menyelamatkan diri, misalnya saja warga di Apartemen Cassablanca East Residence,

“Lumayan kencang gempanya, enggak lama warga pada keluar, milih ke titik kumpul. Ada sekitar 10 detik yang terasa agak kencang,” kata seorang penghuni bernama Tri kepada kumparan, Sabtu (27/4) malam.

Hingga pukul 00.18 WIB pada Minggu (28/4), sejumlah warga masih berada di luar gedung apartemen. Mereka masih khawatir dengan potensi adanya gempa susulan dan memilih untuk tetap di luar selama beberapa menit sambil menunggu antrian lift terurai.

Gempa ini terasa di Jakarta dengan intensitas III MMI (Modified Mercalli Intensity). Artinya getaran dirasakan nyata dalam rumah seakan-akan ada truk berlalu.

Pusat gempa berada di laut tepatnya di koordinat 8.42 LS, 107.26 BT atau 151 kilometer Barat Daya Kabupaten Garut, Jawa Barat. Gempa berada di kedalaman 10 kilometer.

“Tidak berpotensi tsunami,” tulis BMKG di media sosial X.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button