Berita

Tugas Spiker dalam Permainan Bola Voli dan Tugas Posisi Lainnya

Ilustrasi untuk spiker dalam permainan bola voli bertugas sebagai. Sumber: pexels.com/Denniz Futalan

Tugas spiker dalam permainan bola voli adalah sebagai penyerang ke arah lawan dengan cara memukul bola yang telah diumpankan. Selain sepiker, ada posisi lainnya yang juga penting dalam suatu tim voli.

Posisi para pemain tersebut berkaitan dengan serangan dan pertahanan dalam permainan. Voli adalah permainan beregu. Oleh karena itu pemain harus saling berkoordinasi satu sama lain agar dapat menguasai permainan.

Tugas Spiker dalam Permainan Bola Voli Bertugas sebagai Penyerang ke Arah Lawan

Menurut buku Bola Voli oleh Anung Hendar Isnanto (2019: 9), bola voli adalah cabang olahraga yang dimainkan oleh dua tim. Masing-masing tim memiliki jumlah pemain 6 orang. Tujuan permainan bola voli adalah melempar bola dari atas net agar dapat jatuh ke arena bermain lawan dan mencegah lawan melakukan penyerangan serupa pada tim.

Bola voli adalah permainan yang dimainkan dengan sistem tim. Dalam permainan voli, terdapat formasi dan posisi pemain yang harus diperhatikan. Menurut buku Pendidikan jasmani, Olahraga, dan Kesehatan oleh Drs. Muhajir, M.Ed (2007: 140), formasi pemain adalah suatu bentuk pengaturan posisi pemain dari suatu tim, baik pada waktu menyerang atau bertahan.

Susunan posisi pemain di lapangan dapat dibagi menjadi dua bagian, yaitu posisi pemain depan dan posisi pemain belakang. Posisi depan bertugas menyerang sekaligus membendung serangan lawan. Posisi pemain belakang efektif bertugas sebagai pemain belakang.

Dalam permainan voli, posisi-posisi tersebut terbagi dalam 4 bagian, yaitu sebagai berikut:

1. Tosser (Pengumpan)

Tosser dalam permainan voli umumnya hanya seorang saja dan merupakan inspirator atau pengatur serangan. Tosser harus selalu menempatkan posisinya sedemikian rupa di daerah serang dan berhak penuh mengambil bola kedua untuk diteruskan kepada spiker atau pemukul.

2. Spiker (Pemukul)

Tugas spiker dalam permainan voli bertugas sebagai penyerang atau menyeberangkan bola sekeras-kerasnya ke arena bermain lawan agar lawan sulit atau tidak bisa menguasainya. Dalam kondisi tertentu, pemain depan bisa saja melakukan bola tipuan.

3. Blocker (Pembendung)

Pemain depan juga bertanggung jawab penuh terhadap serangan lawan. Pemain pada posisi ini bertugas membendung ruang gerak pukul lawan di daerah serang.

4. Cover (Penutup)

Cover adalah pemain yang tidak melakukan bendungan atau block. Pemain ini bertugas menutup daerah kosong di sekitar daerah bendungan.

Dari penjelasan di atas dapat diketahui bahwa spiker dalam permainan bola voli bertugas sebagai penyerang yang memukul bola sekaras-kerasnya ke area lawan agar lawan sulit menguasainya. Semoga penjelasan ini dapat menambah pengetahuan mengenai posisi pemain dan tugasnya dalam permainan bola voli. (IND)

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button