Berita

Tokopedia Naikkan Biaya Layanan Merchant per 1 Mei 2024

Ilustrasi Tokopedia. Foto: Tokopedia

Tokopedia mengumumkan akan menaikkan biaya layanan untuk para penjual mulai dari 2-6,5 persen yang berlaku untuk seller Power Merchant dan Power Merchant Pro. Biaya layanan Tokopedia akan naik pada 1 Mei 2024.

Power Merchant merupakan keanggotaan seller Tokopedia. Biaya layanan akan dihitung berdasarkan kategori produk yang terjual.

Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak, mengatakan alasan di balik kenaikan tersebut adalah biaya tersebut dialokasikan untuk memberikan program-program lebih untuk seller.

“Ini balik lagi investasi kita untuk seller, bagaimana mereka bisa menjangkau lebih banyak konsumen. Lebih banyak campaign lokal segala macam, itu ada komponen biaya ya,” ujar Nuraini usai Media Gathering Halalbihalal di Senayan Park, Jakarta, Kamis (25/4).

Nuraini meluruskan, kenaikan biaya layanan tersebut merupakan bentuk investasi pada seller di Tokopedia maupun Shop Tokopedia. Tidak hanya Tokopedia, Nuraini menilai kenaikan biaya layanan juga terjadi pada platform e-commerce lainnya.

“Pastinya enggak mau (kenaikan biaya layanan) memberatkan konsumen maupun seller-nya ya, tapi pastinya semua ini sudah diperhitungkan. Komponen-komponen yang sebetulnya selama ini mungkin enggak terlalu dipikirkan, misal apakah penjualan setara dengan penjualan online,” katanya.

Direktur Corporate Affairs Tokopedia Nuraini Razak dalam Media Gathering HalalbiHalal di Senayan Park, Jakarta, Kamis (25/4/2024). Foto: Ghinaa Rahmatika/kumparan

“Pasti ada perhitungannya. Enggak mungkin kita tiba-tiba mau naikin yang luar biasa. Memang kalau Tokopedia historically di awal memang kita kan dulu lama sekali, enggak ada biaya sama sekali untuk penjualan,” sambungnya.

Nuraini menambahkan, biaya layanan yang dinaikkan untuk menunjang keberlangsungan bisnis Tokopedia. Seiring berjalannya waktu, semakin banyak komponen biaya yang dialokasikan untuk kemudahan seller dan user.

Nuraini belum bisa memastikan apakah biaya layanan untuk para penjual akan dinaikkan lagi pada tahun 2025. Namun kenaikan biaya layanan tidak akan diterapkan dalam periode tertentu seperti tiga bulan sekali.

“Kita sudah lama sebetulnya enggak naikkan biaya komisi. Pengguna melihat cashback atau promo adalah bagian kampanye, kita enggak mungkin enggak memperhitungkan promo menjadi komponen biaya yang diperhitungkan harga barang maupun komisi untuk seller,” kata Nuraini.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button