Berita

Suasana di Depan KPU Jelang Penetapan Prabowo-Gibran: Jalan Imam Bonjol Ditutup

Tim pengamanan gabungan TNI dan Polri melakukan apel jelang penetapan Presiden dan Wakil Presiden hasil Pemilu 2024 di depan kantor KPU, Jakarta, Rabu (24/4/2024). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

Ruas Jalan Imam Bonjol ditutup sementara menjelang penetapan pasangan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Capres dan Cawapres terpilih pada Rabu (24/4).

Dari pantauan, terlihat terdapat sejumlah personel gabungan dari aparat kepolisian dan TNI yang berjaga di sekitar lokasi. Barrier pun sudah terpasang di sekitar lokasi sebagai tanda kendaraan tak boleh melintas. Selain itu, terlihat pula barrier besi yang dilengkapi dengan kawat sudah disiapkan di sekitar lokasi.

Kapolres Metro Jakarta Pusat, Susatyo Purnomo Condro, mengatakan terdapat 4 ribu lebih personel gabungan dari jajaran kepolisian dan TNI yang bersiaga. Ribuan personel itu akan disiagakan tak hanya di Jalan Imam Bonjol tapi juga Bundaran HI hingga Jalan Untung Suropati.

“Terkait dengan sidang pleno KPU pada hari ini pasukan TNI Polri gabungan disiagakan sebanyak 4.266 personel yang akan tergelar baik itu di Ring 1 di Ring 2 dan Ring 3,” kata dia di lokasi,” kata dia di lokasi.

Susatyo menambahkan elemen masyarakat yang hendak datang pun tak diperkenankan berada tepat di depan KPU. Daripada memaksakan datang ke KPU, alangkah lebih baik masyarakat menyaksikan proses penetapan yang disiarkan secara live.

Tim pengamanan gabungan TNI dan Polri melakukan apel jelang penetapan Presiden dan Wakil Presiden hasil Pemilu 2024 di depan kantor KPU, Jakarta, Rabu (24/4/2024). Foto: Jamal Ramadhan/kumparanTim pengamanan gabungan TNI dan Polri melakukan apel jelang penetapan Presiden dan Wakil Presiden hasil Pemilu 2024 di depan kantor KPU, Jakarta, Rabu (24/4/2024). Foto: Jamal Ramadhan/kumparan

“Apabila ada elemen-elemen masyarakat yang akan datang ke kawasan KPU kami juga tidak akan memperbolehkan berada persis di depan KPU,” ujar dia.

Sementara itu, terkait dengan pengalihan arus lalu lintas yang dilakukan oleh polisi usai menutup Jalan Imam Bonjol, Susatyo belum memberi penjelasan lebih rinci. Namun, apabila eskalasi massa yang datang dinilai besar, maka rekayasa lalu lintas akan diperbaharui.

“Rekayasa lalu lintas akan kita lakukan lebih jauh pada skalanya tidak hanya di depan KPU mungkin nanti sampai dengan sekitaran sekitaran taman,” kata dia.

Untuk diketahui, KPU akan melaksanakan agenda penetapan pemenang untuk pemenang Pilpres 2024, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, di Kantor KPU Pusat, Jakarta Pusat, Rabu (24/4).

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button