Berita

Erick Thohir Usai Timnas U-23 ke 8 Besar Piala Asia: Target Berikutnya Olimpiade

Ketum PSSI, Erick Thohir, bersama Waketum PSSI, Ratu Tisha; dan Menpora RI, Dito Ariotedjo menyaksikan langsung laga Timnas U-23 Indonesia vs Yordania U-23 matchday ketiga Grup A Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Qatar (21/4/2024) Foto: Dok PSSI

Timnas U-23 Indonesia melibas Yordania U-23 dengan skor 4-1 dalam matchday ketiga Grup A Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, pada Minggu (21/4) malam WIB. ‘Garuda Muda’ berhak ke perempat final, tetapi Erick Thohir selaku Ketum PSSI belum puas sampai di sini.

Sejak awal, target minimal Indonesia adalah lolos ke babak 8 besar Piala Asia U-23. Namun, Erick ingin Rizky Ridho dan kolega tetap berjuang hingga mengamankan spot Olimpiade 2024 Paris.

“Upaya besar kita benar-benar membuahkan hasil. Banyak kerja keras dan nyata yang kita lakukan bersama. Mulai dari hentikan liga, pendekatan ke klub-klub luar negeri agar mau melepaskan pemain kita, dan belum lagi drama wasit di laga pertama melawan Qatar. Alhamdulillah. Hasil tidak akan jauh dari usaha keras bersama,” ujar Erick Thohir di Doha, Qatar, Minggu (21/4).

Ini bukti, kita bisa. Saya harap nyali ini terus naik di babak berikutnya karena lawan semakin kuat. Ini jadi motivasi untuk target berikutnya, lolos Olimpiade. Semoga,” tambahnya.Ketum PSSI, Erick Thohir, memimpin Rapat Exco PSSI yang digelar pada Rabu (3/4/2024) di Jakarta. Foto: PSSI

Adapun gol-gol Indonesia ke gawang Yordania dicetak Marselino Ferdinan (23′ & 70′), Witan Sulaeman (40′), dan Komang Teguh (86′). Sementara Yordania mendapat gol hiburan karena gol bunuh diri Justin Hubner (79′).

Sementara di laga lain, Qatar bermain imbang 0-0 dengan Australia. Tuan rumah menjadi juara Grup A dengan koleksi 7 poin.

Timnas U-23 Indonesia layak ke perempat final Piala Asia U-23 dengan status runner up Grup A dengan koleksi 6 poin. Pasukan Shin Tae-yong akan melawan juara Grup B di perempat final nanti, menunggu antara Jepang atau Korsel sebagai calon lawan.

Selebrasi Marselino Ferdinan saat laga Timnas U-23 Indonesia vs Yordania U-23 dalam matchday ketiga Grup A Piala Asia U-23 2024 di Abdullah bin Khalifa Stadium, Doha, Qatar, pada Minggu (21/4/2024) malam WIB. Foto: Dok PSSI

Untuk sementara, Korsel memimpin Grup B karena unggul disciplinary points atas Jepang. Kedua tim itu sama-sama sudah mencetak 3 gol, menang 2 kali, dan belum kebobolan. Mereka akan bentrok di Jassim Bin Hamad Stadium, Al Rayyan, pada Senin (22/4) pukul 20:00 WIB.

Target pertama Indonesia di Piala Asia U-23 2024 telah tercapai, yakni lolos ke perempat final. Selain itu, Indonesia juga bisa ke Olimpiade Paris 2024, jika ke semifinal atau menyandang predikat juara ketiga Piala Asia U-23. Jika kalah dalam perebutan tempat ketiga, Indonesia harus kalahkan Guinea, tim peringkat 4 Piala Afrika U-23 2023, dalam laga playoff.

Related Articles

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Back to top button